Langsung ke konten utama

Unggulan

BEBERAPA CATATAN UNTUK TES WIDAL

ROMANSA KIMIA


Setiap orang pasti memiliki perasaan cinta, pernahkah kita mempertanyakan apa sebenarnya yang menarik dari hal tersebut?.Kenapa ya kalau pasangan yang cocok, sering disebut karena ada chemistry-nya?. Apa memang ada senyawa kimia yang menggugah dan menjaga cinta?. Dan, benarkah hewan menggunakan zat kimia juga untuk menarik pasangannya?. Ulasan berikut akan menjawab pertanyaan tersebut.
SENYAWA KIMIA PENARIK LAWAN JENIS PADA HEWAN.
Awalnya penelitian mempertanyakan, bagaimana seekor kecoa yang setiap hari di tempat yang gelap, menemukan jodohnya?. Mungkin banyak di antara kita yang memendang ini sebagai pertanyaan iseng. Tetapi tern yata, berawal dari pertanyaan ;yang iseng inilah terkuak rahasia perjodohan itu yang ternyata berperan senyawa kimia. Jadi mereka menemukan jodohnya bukan dengan berkirim SMS atau email, tapi berkirim senyawa kimia. Senyawa kimia adalah penyirim sinyal cinta ini disebut feromon seks karena isi pesannya khusus mengajak kencan lawan jenisnya. Sebenarnya, hewan juga menggunakan feromon untuk tujuan lain, misalnya ngajak kumpul, ngrumpi , atau lari dari kejaran pemangsa.
Kecoa betina menarik lawan jenisnya dengan cara mensekresikan periplanon-B.  Menurut cerita, senyawa ini dimanfaatkan CIA untuk menangkap seorang mata-mata dengan bantuan detector kecoa jantan. Kecoa jantan dengan sangat tepat akan menemukan orang yang bajunya terkena periplanon-B, walaupun si mata-mata tidak membaui senyawa ini. Dari penelitian pada hewan lain, cara kerja yang sama juga ditemukan. Hamster bertina,menggunakan dimetil-disulfida untuk menarik hamster jantan mendekat.
Tetapi, yan g mengejutkan dalah gajah dan ngengat yang ternyata mempunyai feromon seks yang sama, yaitu Z-7-dodesen-1-il-asetat.. :O (Apa gak akan ketuker tuh pasangannya,kan gawat hehe). Tetapi Maha Besar Sang pencipta, untungnya, hal itu tidak mungkin terjadi karena ternyata feromon negengat tidak hanya Z-7-dodesen-1-il-asetat, tetapi ada campuran senyawa yang lainnya. Jadi, kalau negengat jantan mencium bau Z-7-dodesen-1-il-asetat saja, ia tahu bukan ngengat betina yang memenggilnya. Sebaliknya dengan gajah jantan tidak akan mencium Z-7-dodesen-1-il-asetat, yang dikeluarkan ngengat betina, soalnya indera penciuman gajah tidak cukup peka dengan sedikit Z-7-dodesen-1-il-asetat yang dikeluarkan ngengat betina. Gajah baru sadar kalau ada panggilan kekasihnya yang mengeluarkan Z-7-dodesen-1-il-asetat dalam junlah banyak.
RAMUAN CINTA MANUSIA
Bagaimana untuk kasus manusia? Seperti yang tertulis di majalah National Geographic Indonesia edisi Februari 2006, hasil penelitian Helen Fisher dkk.menyatakan bahwa ketika seseorang memandang kekasih hatinya, dopamin akan merangsang bagian vertral tegmental dan caudate nucleus di otak menyala  (carinya di buku biologi,hehe). Dalam dosis yang tepat, dopamine menciptakan kekuatan, kegembiraan, perhatian yang terpusat, serta dorongan yang kuat untuk memberikan imbalan (yang pernah punya pasangan atau sekarang punya pasangan pasti tahu gimana rasanya pas ketemu sang pujaan hatinya,hehehe Nah makannya belajar kimia yang bener jadi tahu seluk beluk cinta.hehe). Itulah sebabnya jatuh cinta dapat membuat makan tak enak dan tidur tak nyenyak. Peneliti-peneliti lain menunjukan bahwa gangguan kimiawi tubuh memang terjadi ketika seseorang jatuh cinta. Misalnya didapatkan bahwa kadar serotonin orang yang terobsesi dan kekasihnya 40% lebih rendah dari orang normal.
Oh iy, katanya kakek-nenek kita dapat rukun sampai meraka berusia lanjut juga karena senyawa kimia loh. Namanya oksitonin (coba dihasilkan dimana ayo???, let’s go explore you book which you bought,hehe). Kesetiaan pada pasangan menurut penelitian, berhubungan dengan kadar oksitonin yang tinggi. Katanya kadar oksitonin ini dapat ditingkatkan dengan cara masing-masing dari pasangan ini berusaha menyayangi pasangannya, walau kadang pasangannya menjengkelkan. Itu barang kali ini nasihat orang tua “cinta tumbuh karena biasa” .
Terus apa ada senyawa kimia yang bis berfungsi seperti  periplanon-B.pada kecoa? Jawabannya, ada. Katanya untuk manusia adalah aroma musk. Menurut cerita, Napoleon memiliki kebiasaan berkirim surat kepada Josephine, istrinya, setiap menjelang pulang dari perang. Dalam suratnya, ia menyuruh istrnya jangan mandi. (apaaaaaaaaaaaaaaa??). belakangan Josephine menemukan parfum beraroma musk yanga dapat memberikan pengaruh yang sama dengan keringatnya. Sejak itulah, Napoleon membiarkan Josephine mandi menjelang ia pulang dari perang.
Ada satu lagi yang mungkin agak aneh. Katanya, wanita tertarik pada bau ketiak laki-laki (apa benar,?hehehe). mungkin karena itu, pangeran-pangeran di Inggris akan meletakan buah apel di ketiakny sebelum diberikan kepada kekasihnya (ini fakta loh,hehehe) juga kalau, kita sering lihat dansa-dansa di film-film klasik, kita sering melihat wanitanya berkelit menyelinap di ketiak penari lakui-lakinya.hehe (lebih lanjut merujuk ke tulisan di National Geographic Indonesia edisi Februari 2006), ternyata wanita lebih menyukai pria dengan jenis gen yang berbeda dengan gen yang dimilikinya. Lagi-lagi ini didapat dari penelitian dengan melibatkan para wanita yang disuruh mencium kaos oblong laki-laki yang tidak dikenalnya, dan kemudian mereka diminta menyebutkan mana yang paling disukai!.
Benarkah perempuan suka bau ketiak laki-laki? Kenapa banyak perempuan yang marah-marah bila dekat dengan laki-laki yang badannya bau? Mungkin mereka tartarik hanya awalnya-awalnya. Mungkin...loh! Coba saja kalau anda berani.

Komentar