Langsung ke konten utama

Unggulan

BEBERAPA CATATAN UNTUK TES WIDAL

Jerman, Germany, Deutcsland




Tulisan ini saya kutip dari beberapa sumber, semoga jadi informasi yang beranfaat. Mari kita berpetualang ke negeri orang mencari ilmu, mempelajari kultur mereka, dan etos kehidupan untuk kemajuan negeri ini. Disini fokus mengenai studinya, buat yang ingin melancong banyak taman-taman yang indah ayo,he:
Lebih lengkap informasi studi kunjungi www.daad.org , www.study-in.de  

Studi di Jerman Kenapa tidak?
Mengapa studi di Jerman? Ada bermacam–macam alasan mengapa Jerman di pilih sebagai negara tujuan studi. Kualitas pendidikan di Jerman, Jerman sebagai pusat teknologidan sains di Eropa, pengalaman internasional adalah alasan-alasan utama mengapa mahasiswa asing datang ke Jerman untuk belajar. Sebagian mengharapkan masa depan yang lebih baik dengan pendidikan yang lebih baik di luar negeri. Alasan ekonomi pun termasuk sebagai salah satu alasan, karena biaya studi di Jerman relatif lebih rendah dibandingkan dengan Negara–Negara industri lainnya. Sebelum mengambil keputusan, ada baiknya mengumpulkan terlebih dahulu informasi tentang studi di Jerman dan kehidupan di Jerman itu sendiri. Adalah sangat bermanfaat untuk mendapatkan kesan pertama tentang Jerman, khususnya jika tidak adanya kesempatan mengunjungi Jerman sebelum mulai studi di sana. Sangat penting untuk diketahui adalah sistem pendidikan Jerman yang sangat berbeda dengan Indonesia. Sistem kredit tidak dikenal disana, lama program studi resmi tidak menjamin bahwa dalam kurun waktu itu studi dapat diselesaikan. Waktu rata–rata yang
diperlukan orang asing untuk selesai di Universitas (tingkat master degree di Universitat,
Technische Universitat, Technische Hochschule) adalah 14 semester (bandingkan dengan program resmi 9 semester). Perlu ditambahkan juga masa Studienkolleg sebanyak 2 semester, dan satu semester tambahan untuk sekolah bahasa bagi calon mahasiswa yang
belum menguasai bahasa Jerman. Lama masa studi ini harus ikut diperhitungkan dalam
rencana pembiayaan studi. Jurusan apa yang diminati umumnya diperoleh setelah tinggal di
Jerman. Beberapa jurusan tertentu tidak mempunyai perspektif kerja di Indonesia, juga tidak
dianjurkan memilih jurusan studi dari hanya nama bidang studi (seperti teknik elektro, metalurgi) tanpa mengetahui isi dari program studi itu sendiri. Kesalahpahaman ini dapat
mengakibatkan kekecewaan yang sangat besar nantinya.
Bahasa Jerman: “Bahasa Jerman adalah bahasa yang sulit”. Pendapat ini sering di dengar juga dari orang–orang Jerman sendiri. Tetapi dari kenyataan yang ada bahwa sangat banyak orang asing dapat menguasai bahasa Jerman dengan baik. Kita tidak perlu takut dengan bahasa Jerman, tentu saja untuk menguasai suatu bahasa tentu tidak mudah.
Dengan kemampuan dan usaha pasti akan diperoleh hasil yang memuaskan, sangat dianjurkan juga untuk memulai belajar bahasa Jerman dari masa sekolah. Belajar bahasa
secara perlahan dan dalam waktu yang lama akan memberikan dasar yang kuat. Oleh karena
itu kemampuan berbahasa Jerman dasar diharapkan sudah dimiliki sewaktu tiba di Jerman. Studi di Jerman memerlukan Visa yang khusus yang dapat diperoleh di Kedutaan Besar Jerman di Jakarta. Karena permohonan Visa akan dikirimkan ke kota tujuan untuk diproses. Harus diperhitungkan juga lamanya proses permohonan yang memakan waktu sekitar enam minggu sampai tiga bulan. Datang ke Jerman dengan Visa turis dan kemudian menggantinya dengan Visa studi disana adalah sesuatu yang tidak mungkin. Oleh karena itu, kembangkanlah jiwa petualangmu dan raih cita-citamu…!
Sekilas tentang Perguruan Tinggi di Jerman
Secara umum hampir semua perguruan tinggi di Jerman berkualitas excellent.  Standar kualitas pendidikan tinggi di Jerman sangat ketat sehingga kualitas antara universitas satu dan lainnya relatif sama. Memang benar untuk beberapa universitas tertentu memiliki program yang sangat prestisius dan menjadi unggulan tetapi bukan berarti universitas yang bersangkutan lebih unggul (top ranking) dari universitas lain dalam segala bidang. Jadi, bagi Anda yang berminat studi di Jerman memilih perguruan tinggi bukanlah suatu pertimbangan yang penting, tetapi yang lebih perlu diperhatikan adalah memilih jurusan yang sesuai dengan prospek karir dan masa depan Anda.
Sistem pendidikan di Jerman relatif berbeda dengan sistem pendidikan di Indonesia atau di negara–negara Anglo-Saxon (USA, UK dan Australia). Di Jerman ada 2 kategori perguruan tinggi :
1.       Universität dan Technische Universität (TU). Sistem pendidikan di Universitat relatif lebih berorientasi pada teori dan research. Persentasi untuk pengajaran teori mencapai 80% - 90% dari kurikulum mata pelajarannya.
2.       Fachhochschule (FH) dalam bahasa Inggris di kenal dengan University of Applied Science. Di Universitas ini orientasi kurikulum dengan praktik relatif berimbang. Prosentase perbandingan antara teori dengan praktik sekitar 70% teori dan 30% praktik plus internship di perusahaan.

Keuntungan Studi di Jerman
1.       Kualifikasi tenaga pengajar yang tinggi dan memiliki pengalaman sebagai konsultan berbagai perusahaan multinasional. Hal yang sangat menarik adalah dosen Profesornya sebanyak 15 orang sementara mahasiswanya hanya 30 orang. Tentu saja dengan rasio seperti ini kualitas akademiknya sangat terjamin.
2.       Fasilitas yang lengkap dan modern. Mahasiswa dapat mengakses fasilitas perpustakaan secara ‘on line’, dengan buku, jurnal, dan majalah yang sangat lengkap baik dalam bentuk ‘hard copy’ maupun CD ROM. Selain itu mahasiswa juga memiliki akses internet bebas selama 15 jam per hari dan gratis.
3.      Linkage industri. Dukungan industri terhadap perguruan tinggi sangat besar. Terdapat beberapa kasus di perguruan tinggi, misalnya pada semester 7 seluruh mahasiswa akan kerja praktik di perusahaan selama 6 bulan. Selama kerja praktik tersebut para mahasiswa akan mendapatkan gaji dan seluruh biaya hidupnya dijamin oleh perusahaan. Tentu saja bagi mahasiswa yang cemerlang `tidak akan pernah lagi' datang ke kampusnya kecuali hanya untuk pendadaran skripsi/thesis, karena mereka sudah secara otomatis dipromosikan menjadi karyawan tetap di perusahaan tempat ia praktik.
4.      Biaya kuliah yang sampai saat ini relatif murah bahkan masih ada beberapa yang gratis di beberapa negara bagian/propinsi di Jerman.
5.      Adanya program internasional sehingga memudahkan untuk menyelesaikan studi sekaligus menguasai bahasa Jerman.
6.      Dan yang paling menarik bagi para mahasiswa pelancong, karena Jerman masuk ke dalam Uni Eropa, hanya dengan bermodal tiket kereta kita dapat berkeliling Eropa bebas visa untuk 23 negara yang tergabung dalam Uni Eropa. 

Biaya Kuliah
Hampir semua perguruan tinggi di Jerman sudah menerapkan uang kuliah. Tetapi saat ini hanya beberapa negara bagian saja yang masih membebaskan biaya kuliah. Namun demikian besarnya biaya kuliah yang diterapkan di Jerman tentunya tidak semahal biaya kuliah yang di terapkan di negara-negara Eropa dan industri lainnya. Program–program tertentu yang menetapkan biaya kuliah misalnya Program MBA (Master of Business Administration). Untuk Program MBA biaya kuliahnya berkisar antara € 4,000 - € 20,000 tergantung dari kebijakan masing–masing perguruan tinggi yang bersangkutan, meskipun tetap ada yang menyelenggarakan MBA gratis.Ketentuan biaya kuliah tersebut diatas sama sekali tidak berlaku untuk program
Master yang seratus persen menggunakan bahasa Jerman (bukan program internasional), biaya studinya gratis. Ketentuannya adalah dibutuhkan lulus sertifikat bahasa Jerman untuk level C1.

Beasiswa
Dimungkinkan bagi calon mahasiswa untuk mendaftar beasiswa DAAD. Persyaratan penting untuk mendapatkan beasiswa DAAD adalah Dosen atau PNS. DAAD memang memberikan beasiswa untuk umum tetapi porsi beasiswa untuk umum tersebut jumlahnya sangat terbatas. Hanya saja untuk catatan penting tidak mudah untuk mendapatkan beasiswa dari DAAD. Kesempatan mendapatkan beasiswa akan besar jika mahasiswa sudah berada di Jerman. Banyak lembaga non profit atau yang bersedia memberikan beasiswa. Syaratnya adalah nilai semester yang baik. Dengan demikian ‘apply’ beasiswa di Jerman baru dimungkinkan apabila kita telah studi minimal selama satu semester di Jerman.


Komentar

  1. Willkommen bei QUALITY ASSURANCE LOAN LIMITED Ein persönlicher Service für alle Ihre finanziellen Bedürfnisse)
    Providers Darlehen Angebot zu einem sehr niedrigen Zinssatz von 2% bieten wir persönliche Darlehen, Schuldenkonsolidierung Darlehen, Venture
    Capital, Business-Darlehen, Bildungs-Darlehen, Darlehen und Darlehen aus irgendeinem Grund und dringende Bedürfnisse !. Bist du abgelehnt worden?
    Von Ihrer Bank? Haben Sie schlechte Kredit? Haben Sie unbezahlte Rechnungen? Sind Sie in der Schuld Müssen Sie ein Unternehmen gründen? Sorgen Sie nicht mehr, wie wir
    hier sind, um Ihnen eine niedrige Zinsen Darlehen. Unser Darlehen reicht von $ 2.000-USD (TWO Tausend US-Dollar nach oben). Wir leihen auch in USA DOLLAR EURO und POUNDS!
    Sind interessiert füllen Sie die Details unten und zögern Sie nicht uns zu kontaktieren über
    E-Mail: (Qualityassuranceloan6@gmail.com)

    DARLEHEN ANTRAGSFORMULAR

    PERSÖNLICHE ANGABEN
    Vollständiger Name……………………….
    Darlehensbetrag benötigt ........................
    Dauer…………………………………
    Geschlecht ... ..................................
    Religion: ................................
    Bundesland / Bundesland: ..................................
    Stadt .. ……………………………….
    Land…………….
    Alter……………………
    Kontakt Adresse;… ………………………
    Beruf :…………………………………..
    Monatliches Einkommen ……………….
    Handynummer :……………………
    Der Grund für den Kredit :………………………….
    Haben Sie sich vor {ja oder nein} .................
    Viel Glück
    Danke und Grüße

    BalasHapus

Posting Komentar