Langsung ke konten utama

Unggulan

BEBERAPA CATATAN UNTUK TES WIDAL

AYO BANGUN PAGI


Menjadi Pribadi Sehat Lahir dan Batin

Assalamualaikum salam dan senyum untuk sahabat semua. Sebelumnya minta maafnya, ternyata janji dalam tulisan sebelumnya untuk segera menulis lagi baru kesampaian sekarang nih,hehe minta maaf juga kalau tulisan-tulisan saya ini juga pasti panjang lebar juga (sepertinya sudah menjadi gaya amatiran ini serba ditulis,hehe terima kasih kritikannya. Ditunggu lagi kritikannya).
Ok langsung ke pembahasannya sahabat. Tulisan ini pokoknya buat nyindir orang-orang yang suka jadi “hileud kasur” (istilah bahasa sunda, buat orang yang kerjaanya tidur melulu. Hileud = Ulat).
Si hileud kasur ini memang tak cukup diguyur air supaya bangun, tapi juga perlu disadarkan dengan kritikan ilmiah sepertinya.hehe Tulisan ini terinspirasi dari buku yang saya baca judulnya keren nih “The Science of Shalat”. Tetapi supaya bahasannya universal saya berusaha kemas dengan sederhana sajanya dengan fakta-fakta ilmiah yang juga saya temui.
Ok mulai-mulai sahabat ayo, seriusnya baca baik-baik.
Kita mulai dengan bercerita tentang tidurnya. Seperti yang saya pernah bahas ditulisan saya terdahulu, jika tidur tidurlah secukupnya pada waktunya dan jangan biasakan untuk begadang ya sahabat. Karena sudah ditentukan bahwa ketika malam itu waktunya beristirahat, itu kata firman Allah dan secara ilmiah pun ketika malam atau matahari mulai tidak menyinari salah satu bagian bumi, maka gelombang energi otak manusia akan berada pada frekuensi yang lebih rendah dan itu artinya tubuh manusia membutuhkan istirahat.
Nah tidurlah secukupnya ya sahabat, minimal sekitar 5 – 6 jam deh okelah maksimal mungkin 7 jam, jangan sampai melebihi 1/3 dari satu harinya seperti si hileud kasur. Karena tidur terlalu berlebihan juga tidak baik, ya sok aja rasain aja pasti gak akan enak kalau terus-terusan tidur, bukannya jadi seger malah jadi makin lemes dan malas. Apalagi kalau hari minggu jangan dibiasakan terus-terusan di kasur, go beraktivitas.
Mungkin sekarang tantangannya bagaimana ya memaksimalkan waktu tidur yang hanya 5 – 6 jam itu secara berkualitas.?. Jawabannya sungguh simple, yaitu tidurlah dengan rileks. Bagaimana caranya tidur dengan rileks? Ya  sebelum tidur gak galau gak stress dan secape apapun kita jangan langsung banting badan ke kasur.
Tips sebelum tidur biar rileks nih sahabat;
1.  Pertama dari tempat dulu, usahakan tempatnya bersih aja dulu, walaupun berantakan (berantakan sama buku, atau catetan gak apa-apa) yang penting bersih, supaya gak mengundang hewan-hewan kecil kaya nyamuk, kecoa, semut ke istana peraduan kitanya,hehe dan utamanya bersihkan istana peraduan kita dengan doa-doa yang baik supaya mengundang para malaikat datang. Percaya atau tidak nih sahabat, jika kita berdoa dengan ketulusan hati yang terdalam yakin sepenuh hati, itu akan memancarkan gelombang energy positif ke sekitar kita jadi mengeliminasi energy negatif. Coba aja.
2.   Kedua badan kita juga harus bersih termasuk pakaiannya, jadi nyaman dan tibra tidurnya. Salah satu ciri nantinya tidur kita berkualitas adalah segar pas bangun dan tidak banyak ngantuk pas siang hari, bersemangat dengan rutinitas yang seabreg.
3.  Nah yang ketiga nih yang paling penting, seperti yang saya sebutkan tadi sebelum tidur usahakan tentramkan dulu si hati hati kita dari galau dari stress, dan jangan langsung banting badan secape apapun, lakukan dulu 2 hal di atas tadi.
Gimana caranya.? Menentramkan hati memang urusan krusial nih, apalagi kalau lagi galau dan stress,hehe. Ya caranya perbanyaklah berdoa dan berdoa, tarik nafas panjang-panjang berdiam sejenak sebelum tidur flash back seharian perbanyak mengingat yang Maha Pengasih dan Penyayang, berserah diri menitipkan perasaan yang terombang ambing ke sang Penguasa pembolak balik perasaan, diam aja diam aja, sampe nangis pun gak apa-apa, karena itu mengeluarkan energy negatif, tapi nagisnya sambil inget ke Allah bukan ke sebab galau atau stressnya,hehe.
Untuk yang muslim perbanyak istigfar, baca surat Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas, plus ayat kursi juga, oh iya dzikir tasbih, tahlil, dan tahmid jangan lupa plus doa tidur deh. Mulai pejamkan mata sambil tarik nafas panjang karena pas tidur itu ruh kita benar-benar akan keluar dari jasad, kalau yang membawa adalah malaikat pasti tidurnya berkualitas, nah kalau yang membawa yang lain? Gawat deh,hehe. Makannya sebelum tidur persiapkan baik-baik serapih mungkin deh istilahnya. Jadi kalau tengah malam bangun atau insomnia seharusanya bukan curhat update status, ngetweet minta ada yang merhatiin ya,hehe orang lain juga udah pada tidur. Serahkan semua ke yang Maha terpercaya (Awalnya pasti penuh tantangan, tapi kalau rutin pasti terbiasa dan terkoneksi hatinya,hehe)
Oh iya nih sahabat satu tips lagi mungkin, kalau ingin cepat tidur, sebelum tidur baca aja buku atau apapun (yang bermanfaatnya,hehe) entah kenapa sok aja coba, pasti mata kita mendadak lelah aja,hehe (pengalaman). Rutin aja dilakukan walapun bacanya sedikit-sedikit dan sekilas yang penting ada intake masukan ilmu dan kisah baru terusnya, lumayan buat hiburan.hehe
Nah udahnya tips-tipsnya sekarang kita beranjak ke soal bangun tidur nih. Jangan lupa set alarm kita, komit dengan alarm, walaupun dia tidak bisa bicara tapi saya salut sama alarm makhluk paling setia dan tetapi janji, jam berapapun dijanjikan sama kita dia selalu on time, nak kalau kita gak on time malu dong sama alarm,hehe.
Tapi kadang heran ya, ada sebagian orang yang sekencang apapun alarmnya tetap aja tidur tibra, wah parah itu mah hileud kasur tingkat kronis  dan masih mending orang yang cuman men-snooze alarm dibanding yang tibra gak inget apa-apa. Yang begitu tuh yang bahaya.
Kalau kita terus-terusan tidur melewatkan shubuh pagi sesungguhnya kita termasuk merugi. Nah loh kan enak tidur terus? Iya enak menurutmu, tapi fakta ilmiah membuktikan kita benar-benar rugi loh. Kenapa? Nih saya ceritakan sahabat,hehe
Ketika shubuh pagi menjelang alam berada dalam spectrum warna biru muda (kalau gak ngerti, baca aja tentang gelombang tapi bukan judul buku terbaru itu loh siapanya penulisnya? “Dee” gitu hehe, materi tentang cahaya, dan energi,hehe). Spectrum ini tentunya adalah gelombang elektromagnetik kan, sebagaimana lazimnya teori tentang gelombang elektromagnetik itu memiliki energy.
Energy tahu kan sahabat?, energy itu biasa ditransfer melalui radiasi dan diabsorpsi (diserap). Menurut penelitian, spectrum saat shubuh ini bersesuaian dengan frekuensi kelenjar tiroid (kelenjar gondok), nah secara teori kan apabila ada 2 benda yang bersesuaian frekuensinya maka akan terjadi intekraksi antara keduanya, yang memiliki tingkatan energy yang lebih rendah akan menyerap energy dari yang lebih besar (sepertinya bahasanya sulit dipahaminya,he). Pokoknya gini deh sahabat, pas waktu shubuh pagi alam kan memancarkan radiasi spectrum biru yang bersesuaian dengan frekuensi kelenjar tiroid. Nah spectrum ini kan berupa energy maka akan diserap oleh sel-sel pada kelenjar tiroid, kalau menyerap energy kan berarti akan ada aktivasi kinerja secara fisiologiskan yang akan memperbaiki kinerja yang melemah.
Nah kenapa sih harus tiroid yang menyerapnya? Nah dalam kajian fisiologi kan kita tahu bahwa kelenjar tiroid alias gondok ini berperan menghasilkan hormon seperti tiroksin. Hormon ini berperan dalam sistem metabolism tubuh kita kan, mulai dari metabolism glukosa, lemak, protein, enzim, ah pokoknya segalanya aja. Nah kalau kinerja kelenjar tiroid ini baik pastikan produk hormonnya juga jadi berkualitas yang pada akhirnya akan menjadikan tubuh kita lebih sehat dan bersemangat. Itu salah satunya karena stimulasi dari serapan energy di waktu shubuh ini loh sahabat.
Nah jadi kenapa kita harus cepat bangun sebelum shubuh? Ya iakan supaya tubuh kita bisa menyerap energy shubuh pagi yang baik ini, ya tubuh kita sama seperti mesin, sistemnya tidak akan bekerja kalau tidak dihidupkan, seperti handphone gak akan terkoneksi kalau dalam keadaan airplane mode
Nah itu analogi kita saat tidur dalam keadaan inaktif,hehe. Jadi cepat-cepat deh bangunnya. Betapa baiknya Allah menyediakan secara gratisan hal seperti ini, rugi kalau kita tidak mendapatkannya.
Mau bukti sahabat, kalau bangun sebelum shubuh menyehatkan.?. nih fakta yang saya temui, dari laboratorium nih. Kan adanya pemeriksaan T3, T4, TSHs, dsb nya pemeriksaan ini berkaitan dengan fungsi tiroid ini, saya perhatikan ko malah yang banyak periksa ini lebih banyak orang-orang yang usianya rata-rata dibawah 3o-an, nah loh ada apa? Pikiran saya seperti biasanya bertanya dan bertanya dan mulai berhipotesis setelah membaca buku menginspirasi saya ini. Mungkin kah ini karena kebiasaan tidur anak muda sekarang yang kebanyakan kebluk?. Liat saja di masjid pas shubuh 90% jamaahnya adalah orang tua, bukan hanya shubuh bahkan di waktu-waktu shalat lainnya juga,hehe. Padahal masih kata riset ilmiah ini, kita tak cukup hanya bangun pada waktu shubuh pagi itu, untuk menyerap energy baik yang tersedia perlu dibarengi juga aktivitas bergerak lainnya juga, mengerakan badan sahabat. Ketika bergerak maka tubuh menjadi semakin besar kemampuan menyerap energy alam ini dan akhirnya kan berdampak untuk kesehatan kita. Makannya sekarang saya tidak heran dan kalau ada jamaah masjid yang usianya sudah sepuh, bahkan ada yang rada pikun tapi sehat-sehat aja, pokoknya. Nah untuk ibu-ibu dan calon ibu juga penting, ketika hamil nanti fungsi tiroid sang jabang bayi amatlah penting karena berkaitan dengan tumbuh kembang kecerdasan dan perkembangan fisiologis otak anak termasuk juga perkembangan mental anak, jika saja setiap ibu hamil nanti membiasakan bangun sebelum shubuh pagi beraktivitas, waah bisa diharapkan dong generasi mendatang jadi banyak yang cerdas, dalam bidang apapun, dan mengreduksi kecatatan mental pada anak, so biasakan nih dari sekarang mau laki-laki dan perempuan ayo bangun sebelum shubuh jangan jadi hiledud kasur aja, nanti kita jadi contohloh buat anak-anak kita,hehe. it’s amazing the miracleand the secret of shubuh. So ayo kita bangun sebelum shubuh niatkan untuk sehat dan bermanfaat.
Nah selain itu juga nih kejaiban bangun pagi ini buat kesehatan pembuluh darah kita nih. Menurut teori, pada saat kita mengantuk di pagi hari dan cenderung lemas dan malas hal itu dikarenakan secara fisiologis terjadi penyempitan pembuluh darah ke otak yang mengakibatkan berkurangnya asupan oksigen ke otak, dan pada saat itu juga sel-sel trombosit dalam aliran darah menjadi saling beragregasi (berpelukan lah gampangnya) berkumpul dalam bentuk gumpalan yang disebut thrombus.
Thrombus ini jika dibiarkan akan menjadi suatu sumbatan pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan gangguang sirkulasi darah pada otak dan jantung atau istilah medisnya dikenal sebagai serebrovaskular yang mungkin lebih jauh dapat menyebabkan stroke dan gangguan jantung.
Beruntung tubuh memiliki mekanisme unik untuk mengatasi hal tersebut, tubuh pada saat kita istirahat memproduksi yang namanya NO (nitrit monooksida) yang berguna untuk mencegah penyempitan pembuluh darah lebih lanjut dan pembentukan sumbat thrombus . Akan tetapi NO hanya akan bekerja jika tubuh teraktivasi (waaah, nih maafnya bahasanya teoritis banget,hehe) artinya tubuh dalam keadaan aktif alias tidak tidur sahabat.
Nah ketika shubuh pagi kita menyegerakan bangun artinya kita mempercepat pengaktifan kerja NO tadi sehingga resiko penyumbatan pembuluh darah menjadi berkurang. Beruntunglah kalau bangun lebih pagi sebelum shubuh itu, apalagi jika diiringi aktivitas gerakan-gerakan ringan bermanfaat seperti shalat bagi kita yang muslim, dampaknya lebih hebat lagi. Analoginya tubuh itu kan seperti mesin, sebelum dipakai pasti ada start up dulu kan bagusnya tidak langsung kerja, ngerusak komponen dong nantinya.
Nah begitu deh sahabatnya, maaf bahasanya kalau rada berat ternyata gak jadi sederhana bahasanya nih,hehe pokoknya sahabat kalau kita mau sehat dan jadi beruntung mendapat keajaiban ini segerakan bangun di shubuh pagi, jangan sampai keduluan matahari. Secape apapun se-ngantuk apapun paksakan untuk bangun terlebih dahulu, rasakan  benar-benar jamuan terbaik dari sang Maha kuasa dalam firman alam raya-Nya. Jangan sampai lewatkan kesempatan emas untuk sehat, karena nikmat sehat luar biasa kan, gak mau kan sakit, gak enak rasanya,hehe
Jaga baik-baik shubuh kita, karena sungguh beruntung orang yang menyegerakan bangun dikala matahari belum menyingsing. Awali hari dengan keceriaan dengan hal-hal baik, awali dengan melakukan dan mendengarkan yang baik-baik, jangan pas pagi-pagi udah galau dan stress lagi, udah deh hidup mah serahkan ke yang Maha Mengatur aja, saya kutip nih kata Aa Gym “Kalau galau, cepet-cepet bungkus pake kantong semen dan kembalikan ke Allah” apapun masalah kita, hadapi setiap pagi dalam fase hidup kita terus berpacu dan bertumbuh menjadi lebih baik, tambah kecepatan menimba ilmu apapun passion kita, berguna dan mewarnai dimanapun kita berada satu yang digenggam yaitu “jadilah pewarna yang baik, memberikan warna baik dan menciptakan perpaduan warna yang baik”.
Ayo cepat bangun dan cepat bangun kita gak tahu waktu kita sampai kapan, kalau bukan sekarang kapan lagi sahabat, bergerak mulai shubuh pagi ini, lewati setiap fase ini, orientasikan untuk proses yang baik. Ayo mulai shubuh pagi ini ya sahabat, ayo selami petualangan ini.
Ok cukup deh buat sekarang, panjang lebar kahilir kagirang seperti biasa. Semoga bermanfaat untuk semua.
Semoga ada kesempatan dalam waktu dekat ini, mengungkap sisi lain secara ilmiah.
Wassalamualaikum, salam rindu untuk sahabat. ^-^

Ditulis di ruang Pertapaanku
Rumah, 26 Oktober 2014
Muh. Reza Jaelani

Bagian dari Mencurahkan Pemikiran yang dinamis, Berbagi untuk Sahabat dalam Memaknai Kehidupan menuju penghangharapan menjadi Saintis Agent-Nya, Amin.
Maknai untuk autokoreksi. Tulisan ini bidirectional.
Berbicara  dan mengedukasi dunia melalui tulisan.
Thanks for your inspiration.
 (_Muh Reza Jaelani_)
More about me, find on :
Facebook           Muh. Reza Jaelani
Twitter               @Reza_Chemie
Blog                     Catatan Seorang Manusia Indonesia
Tumbrl               rezachemie.tumblr.com/
Instagram         Muh Reza Jaelani

e-mail                  rezaankes@gmail.com

Komentar