Langsung ke konten utama

Unggulan

BEBERAPA CATATAN UNTUK TES WIDAL

KENAPA KITA MAKAN GARAM YA ????

Hallo selamat sore sahabat, baru muncul lagi nih hhe. Sama kaya film AADC kan wkwkwk, setelah 14 tahun baru muncul lagi. Tapi saya kan gak menghilang selama itu hihi.


Ok skip, tonton sendiri film AADC  masing-masing yah he. Kita fokus ke cerita tulisan ini.
Judulnya kenapa kita makan garam. Heumph garam, iya garam sahabat garam dapur yang suka dipake bumbu masak tuh, segala sesuatu pasti di tambahin garam. Alasan utama ya sih katanya buat penyedap rasa nih. Iya secara garam itu kan asin, pemberi cita rasa yang asin tentunya hhe.
Tapi sejak kapan dan kenapanya kita mulai mengonsumsi garam??? Sebuah pertanyaan menggelitik nih. Terus apa bener nih garam yang kita makan itu cuman jadi penambah cita rasa aja. Heuumph bikini penasaran.
Oh iya kita sepakatinya yang namanya garam disini itu adalah NaCl o.
Garam ini dibuat dengan cara menampung air laut kemudian dibiarkan menguap airnya kemudian terbentuk deh Kristal-kristal garam. Air laut kan sumber utama garam nih.  Baca disini sendirinya tentang sejarah garam klik-klik

Kenapa ya NaCl kita makan.

Padahal nih kalau buat orang-orang yang darah tinggi, garam selalu dijadikan biang kerok. “Jangan makan garam mulu, ntar darah tinggi tau”
Secara ekonomi pun garam termasuk komoditas strategis loh. Tapi sayang seribu sayang, Indonesia nih yang lautnya lega pisan (luas banget) malah masih banyak impor garam. Laaaaaaah. Apa gak puyeng tuh hhe.
Ok fokus lagi ke bahasan kita, kenapa kita makan garam. Jawabannyaa aada disini nih, kitaa liat video dari youtube berikut ini. Kita makan garam gak cuman sekedar buat cita rasa makanan ajanya. 

Udah liat kan gimana videonya. Ngerti gak hehehe.
Kalau belum ngerti tentang itu saya ceritakan sedikitnya. Ini berhubungan sama membran sel nih. Kalau mau baca tentang membrane sel, baca paper saya dulu ini hhi kliiiiiik
Naaah sahabat, nih kalau dalam kajian biologi sel itu sangat-sangatlah penting peran Ion Natrium itu bersamaan sama ion Kalium Nih.

Ini adalah salah satu jawaban kenapa kita makan garam bukan sekedar sebagai penambah cita rasa aja nih. Tapi secara fisiologi seluler dia punya perananan kaya video diatas nih.

Ceritanya gini nih.
Kan sistem sel itu terdiri atas lipid bilayer nih. Sistem lipid bilayer ini merupakan sistem membrane buat semua organisme seluler. Sel kan kita tahu dia itu unit fungsional kehidupan terkecil. Namanya juga hidup kita tau ciri hidup itu seperti bermetabolisme, berespirasi, tumbuh dan berkembang, memperbanyak diri. Nah kesemua proses itu perlu transfer materi kan.
Simple nya gini. Kita dulu kan bayi, jadi anak-anak, jadi remaja, sampai dewasa. Awalnya tubuh kita cuman beberapa kilo, jadi belasan, sampai puluhan kilo. Dari mana tuh asalnya nambah berat badan itu???
Ya dari makanan apa yang kita makan dong. Ada yang dikonversi jadi tulang, jadi otot, jadi penyusun organ dsb.
Sama halnya gitu juga pada sel. Pas sel bermentabolisme dia butuh sumber energi berupa karbohidrat yang kita makan terus di usus dipecah kan jadi gula sederhana kaya glukosa.
Naaaah si glukosa bakalan memasuki siklus glikolisis, siklus krebs, sampai transfer electron buat menghasilkan energi. Ceritanya ada di tulisan saya lagi ini kliiiiiik





Nah kan Karbohidrat yang kita makan itu dicerna mulai di mulut, sampai di usus secara enzimatik menghasilkan glukosa. Naah dari usus kan si glukosa itu harus masuk ke sirkulasi darahnya. Kita tahu usus itu tersusun atas sel-sel epitel.
Sel-sel tersusun atas membrane lipid bilayer. Supaya glukosa bisa masuk ke dalam sirkulasi jalannya ada 2 nih. Satu melalui celah antar sel epitel usus, satu lagi dengan    cara melewati sel epitel dulu nih.


Kalau cara pertama itu dengan difusi memanfaatkan gradien konsentrasi. Naaah proses yang kedua nih yang menarik. Gimana caranya glukosa masuk ke dalam sel. Selai memakai agen transpoter berupa pintu protein juga dia akan melalui suatu proses yang namanya kotranspor bersama ion Natrium. Disini nih hebatnya ion natrium kenapa kita makan garam.
Pada tahap pertama nih ada mekanisme yang namanya Pompa Na-K, proses awalnya nih si 3 Ion Natrium bakalan dikeluarkan dari dalaM sel secara transport aktif, bersamaan diganti dengan 2 ion kalium yang masuk ke sel.
Inget dulu nih ke pelajaran kimia tentang elektrokimia sahabat, inget Natrium itu merupakan kation yang eletropositif, gitu juga kalium nih. 2 ion positif yang keluar dan diganti sama 2 ion positif akan menyebabkan perubahan gradien konsentrasi potensial listrik di dalam sel. Naaaah kan sel itu ingin selalu stabil nih. Maka dari luar sel bakalan diimpor lagi tuh ion natrium. Kan dari luar sel dong otomatis nih dari makanan yang kita makan. Naaah barengan sama glukosa bakalan masuk secara kotranspor (banyak istilah lain ada antipoter, unipoter, simpoter, tinggal baca hhe) melalui pintu transpoter protein yang disebut simpoter. Naaah mekanisme ini bakalan jalan sepanjang sel itu hidup sampai kita mati hhi.
Glukosa gak akan pernah masuk kalau tanpa bantuan ion natrium. Naaah ini rahasianya kenapa kita makan garam kita butuh ion Natriumnya nih.
Bukan itu aja nih sahabat, kalau sahabat mau mengkaji lebih jauh nih tentang proses filtrasi, reabsorbsi, sama augmentasi di ginjal nih. Waaah lebih hebat lagi peran ion natrium ini. Membantu reabsorbsi di tubulus ginjal nih, bantu keseimbangan elektrolit, asam basa, sampai membantu ion-ion lain, bersamaan dengan ion kalsium, klorida, kalium, dsb.

Seru dan asyik sekali kalau kita tahu kenapa sih kita makan ini itu, apa perannya, apa fungsinya di dalam tubuh.

Karena makan bukan sekedar memuaskan rasa lapar (rasa lapar juga ada kontrol fisiologisnya loh di hipotalamus hhe, rame kalau mengkaji).

Makan bukan sekedar makan. Tapi untuk menunjang hidup kita. Kita ini makhluk multiseluler loh. Kita hidup berkat kerja sel yang kerjanya sudah terstruktur dengan perjanjian yang tersimpan dalam marteri genetik kita DNA.
Mustahil kita berawal dari kebetulan aja. Pasti ada yang mendesignnya. Bagi Saya pendesign paling sempurna itu Alloh.

Sesuai dengan firmannya “Dan kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya ” At-Tin Ayat 4

kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Alloh yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu melihat sesuatu yang tidak seimbang??”  Al-Mulk Ayat 3

Ok Cukup deh hehe

Salam Sahabat semua
Selama mengkaji kehidupan lebih jauh lagi
Selami apapun yang kita sukai, jadilah expert, jadilah bermanfaat

Jakarta, 6 Mei 2016
Menulis adalah salah satu media pembelajaran pengasah ingatan dan kemampuan penalaran pengertian. Belajar itu Bukan menjadi seorang penghafal saja

Muh. Reza Jaelani




Mohon Doanya untuk semua target saya di tahun 2016, 2017 dst Saintis Agen-Nya Amin



Komentar