Langsung ke konten utama

Unggulan

BEBERAPA CATATAN UNTUK TES WIDAL

DASAR PEMIKIRAN JUMLAH SAMPEL PENELITIAN MINIMAL 30





Distribusi Gaussis - Levey Jenning Chart -Grafik kontrol dst pernah belajar? Pernah denger juga kalau sampel penelitian itu minimal 30 data?. Dari mana asal usulnya? Tau-tau pas bikin sampel harus dapat minimal 30 data itu? #inigakadadibuku


Adanya kalau kita mau ngulik sendiri.
Basic ini penting bagi peneliti-yg ngurus QC atau yg bergelut dgn analitik (lab). Angka data minimal 30 tak lain diturunkan dari distribusi gausis ini. Data dianggap berdistribusi normal jika tersebar hampir 99,99% di +/-3SD ada juga yg 95% +/-2SD. Nah dengan anggap itu kalau kita punya 20 data 19 data kita akan berada di +/-SD dan +/-3SD sebanyak 19,8 data (% x Data). Data sebanyak 0,8 ada ?? Gak ada, alias gk terdeteksi, apalagi kalau jumlah datanya lebih kecil.

Nah kalau pake estimasi jumlah data 30 bakalan ketemu 95% data sebanyak 28,5 (29), 99,99% ada 29,7 (30) artinya beda 1 kan. Nah nanti ke Westgard lahir lah aturan max 1 data lebih dari 2 -SD > 12s (warning), karena kalau udh ada 2 udh ngaco distribusinya. So simpelnya data minimal 30 itu representatif mewakili bisa deteksi hasil yg dianggap early warning/beda dari mayoritas. Rumus2 westgard 13s, 2-2s, 41s, R4s, 10x sebenernya turunan dari distribusi ini, so kalau ngerti distribusi ini gak perlu hafal westgard rule sebenernya, karena bakalan ngerti polanya apa. Aturan itu ada sekedar penamaan aja biar jadi sebuah kesepakatan nama aturan biar dikenal, jadi kalau mau ngerti pelajari distribusi ini. Masih banyak jenis distribusi lainnya, tinggal kita mau mempelajari.

Muh. Reza Jaelani

Komentar